ITDC

pd

ASOSIASI PROFESI SUTRADARA TELEVISI INDONESIA

26 November 2018 adalah hari yang bersejarah dalam dunia pertelevisian tanah air, dengan berucap syukur dan terima kasih kepada Tuhan YME, akhirnya telah terbentuk sebuah asosiasi profesi Sutradara khusus dalam bidang Televisi Indonesia. Wadah silahturami ini sangat bermanfaat guna bertukar informasi dalam Industri yang sedang berkembang.

Heritage, memang disatu sisi kita berkompetisi dalam posisioning Industri Televisi, namun dalam sisi satunya kita seprofesi yang memiliki visi yang sama dalam penataan informasi, khususnya gambar. Sutradara televisi (Program Director) adalah ujung tombak terakhir dalam sebuah tayangan langsung memiliki tanggung jawab besar dan diperlukan dedikasi yang tinggi untuk memangku jabatan tersebut karena harus dapat memimpin sekian banyak crew dalam waktu yang penuh dengan tekanan, salah briefing atau kurang jelas dalam briefing crew bisa besar impactnya bagi stasiun televisinya.

Dalam kesempatan ini hadir sebagai pembicara sekaligus penasehat dari asosisasi, Sdr ; NARATAMA RUKMANANDA yang jelas kita ketahui debutnya dalam penulisan buku televisi dalam bidang penyutradaraan, dan pembicara sebagai perwakilan dalam industri televisi sebagai pembicara adalah Sdr; SAMBODO yang dikenal dalam panggilan crew broadcast “ Ayah “.

sutradara tv
Suka-duka dalam menjalankan profesi penyutradaraan dalam bidang televisi dengan hangat dan saling komunikasi terpancar dalam pertemuan kali ini, lebih dari 10 stasiun swasta hadir baik Nasional maupun lokal dan 40-an peserta lebih hadir dalam pertemuan yang sangat luar biasa bagi para insan profesi sutradara televisi.
Senior sutrada televisi dan junior berkumpul dan saling asih dan asuh walau dengan bumbu candaan yang khas broadcast, ternyata update nya tidak beda jauh dalam berprofesi, yang berbeda adalah zaman dalam Industrinya.

Kedepannya kami sprofesi akan memiliki rencana untuk sharing ilmu antar televisi atau kepada perguruan tinggi broadcast bahkan kepada SMK broadcast, sayangnya para master Sutradara Televisi belum sempat hadir, seperti pak  DJ. Nawi, RM. Soenarto yang beliau beliau adalah EKS PD TVRI mungkin mereka sempat jadi PD di era TV hitam-putih … sulit dibayangkan, dan pak Djoko Sujarwadi sebagai Produser/ Director TVRI dan masih Aktif semoga mereka diberikan kesempatan untuk pertemuan berikutnya… amin

Tak luput dari kami atas nama profesi Sutradara Televisi mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bapak Bahtiar sebagai Ka HUMAS KEMENDAGRI sebagai perwakilan Bapak Menteri dan jajarannya yang meberikan fasilitas pertemuan hingga hal yang luar biasa ini terjadi.

Semoga kedepannya wadah silahturami ini menjadi suatu wadah yang berguna bagi nusa dan bangsa dalam bidang informasi dalam menjawab digital era dan sebagai filter kebangsaan Indonesia dari moral dan kebudayaan bebas, impact dari media-media baru yang bermunculan disamping Industri televisi sendiri.

Harapan lainnya adalah wadah kami kedepannya dapat bekerja sama dengan KPI, LSF, KEMENINFO, BUMN lainnya yang memerlukan keahlian kami dalam pengalaman empiris secara langsung sehingga kita bangsa Indonesia dapat menjaga kebudayaan bangsa sesuai dengan cita-cita Ir.Soekarno dalam mendirikan TELEVISI INDONESIA pada tahun 1962, Bravo Insan Televisi, Sukses buat para Sutradara Televisi diSeluruh Indonesia…. amin

Related posts

Leave a Comment