Sekolah Broadcast

6-Hal-yang-Harus-Kamu-Tau-Sebelum-Kuliah-Jurusan-Broadcast (1)

Kalo kamu suka dengan media massa dan selalu fascinated sama dunia Broadcasting, terus udah cita-cita banget mau lanjut kuliah jurusan Broadcast, agaknya kamu harus baca dulu 6 hal di bawah ini biar kamu lebih siap menghadapi perkuliahan. Itu juga kalo kamu diterima tapi ya.

1. Tugasnya Banyak

Tugas anak Broadcast itu ga main-main, matkul yang praktek-praktek gitu kan biasanya dikasih di semester atas, dan biasanya berbarengan. Namanya matkul praktek, ya tugasnya banyak praktek juga dong. Gak selalu shooting sih, tapi kadang bikin script, terus juga perencanaan atau sekedar riset kecil juga menyita banyak waktu.

2. Gak Selalu Dapet Fasilitas

Kalo katanya kuliah Broadcasting itu mahal, emang kadang ada benernya. Soalnya butuh modal lebih buat ngerjain tiap tugas terus juga butuh alat-alat yang banyak. Lebih enak sih kayaknya kalo punya peralatan sendiri, macem kamera, tripod, mic, komputer editing, dan lain-lainnya. Bisa aja sih pinjem yang punya kampus, cuman gak enaknya kalo mau pinjem prosedurnya ribet dan ngantri lama banget karena harus gantian sama kelompok lain.

3. Siap Kerja Kelompok

Karena tugasnya seringnya berat dan butuh tenaga bayak untuk ngerjainnya, biasanya tugasnya dikasih secara kelompok dan ngandelin teamwork banget. Buat kamu yang individualis dan seneng kerja sendiri, kamu harus antisipasi nih buat kerja secara kelompok dan kompak demi kelancaran selama pengerjaan tugas. Tugas kelompok itu sering bikin berantem, tapi lebih seringnya sih malah bikin makin tambah akrab.

4. Sering Kuliah Pengganti

Karena dosennya sibuk dan kebanyakan juga praktisi yang masih kerja juga di dunia broadcast secara langsung, makanya sering banyak dosen yang gak dateng pas ngajar. Gak masalah sih sebenernya, cuma ga enaknya ya kadang dosen ga datengnya suka dadakan, atau pemberitahuannya yang telat, terus penggantinya juga suka seenak udel.

5. Gak Selalu Jadi Kerja di TV

Kalo mau kerja di TV kuliahnya jurusan Broadcast tuh emang bener, cuma sekarang kenyataannya banyak juga anak dari jurusan lain yang ‘mencuri’ pekerjaan anak Broadcast dengan kerja di produksi televisi. Jadi jangan langsung pede juga abis lulus bisa langsung dapet kerja di TV, karena pada dasarnya mau cari kerja bidang apa juga susah sih.

6. Gak Belajar Itung-itungan Itu Cuma Mitos

Jurusan Broadcasting emang masuknya di ilmu sosial dan orang suka salah kaprah duluan mikir kalo di ilmu sosial ga ada itungannya. Siap-siap aja, seengganya ada 2 semester kamu bakal berhadapan juga sama itung-itungan, macem matkul Statistika, Manajemen Keuangan, Ekonomi Dasar, dan nama-nama yang lebih bervariasi lainnya. Dan tetep butuh kalkulator!

Gitu deh sekilas penggambaran dari 6 hal yang harus kamu tau sebelum kamu memutuskan untuk kuliah Broadcast. Jangan sampe salah jurusan dan persiapkan diri kamu ya!